INDONESIA

NEVER SAY NEVER
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA

Jangan Lupa klik Tombol Like ya..!!

Minggu, 28 November 2010

Atmosfir di Satelit Saturnus Kaya Oksigen


WASHINGTON - Sebuah studi terbaru menemukan bahwa bulan kedua terbesar yang dimiliki oleh planet Saturnus ternyata atmosfirnya memiliki kandungan oksigen dan karbon dioksida yang banyak.

Pesawat Cassini milik NASA telah mendeteksi atmosfir bulan Rhea ketika terbang mendekatinya pada bulan Maret silam. Penemuan ini juga menandakan untuk pertama sebuah atmosfir yang kaya akan kandungan oksigen pada satelit planet Saturnus. Demikian yang dikutip dari Space.com, Jumat (26/11/2010).

Atmosfir yang mengandung oksigen diketahui ada pada satelit-satelit alami pada sistem tata surya kita. Sebagai contoh, Europa dan Ganymede, dua bulan milik planet Jupiter, juga kaya akan kandungan oksigen di atmosfirnya.

"Kita sebelumnya telah melihat ini ada di planet Jupiter, dan kami telah mengkonfirmasi kalau oksigen juga ada di atmosfir satelit milik Saturnus," ujar pimpinan studi Ben Teolis dari Southwest Research Institute di San Antonio, Texas.

Teleskop angkasa Hubble milik NASA telah mendeteksi kadar oksigen pada atmosfir di bulan Europa dan Ganymede pada tahun 90-an. Pada kedua satelit milik Jupiter tersebut, oksigen keluar dari air es permukaan, yang mana terbagi menjadi hidrogen dan oksigen di bawah partikel-partikel asli dari Jupiter.

Sumber: okezone.com

Artikel Terkait:


1 komentar:

ari arsana mengatakan...

bisa jadi planet baru nich setelah bumi

Posting Komentar

KOLOM KOMENTAR TIDAK MENGGUNAKAN CAPJAY,, JADI JANGAN SUNGKAN UNTUK KOMEN. OK....

Jangan Lupa klik Tombol Like ya..!!

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More