INDONESIA

NEVER SAY NEVER
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA

Jangan Lupa klik Tombol Like ya..!!

Selasa, 28 Desember 2010

Roket Terbaru Indonesia

Rudal atau peluru kendali yang dirancang khusus bagi militer Indonesia, memiliki kemampuan yang tidak kalah hebatnya dengan rudal buatan negara Asia lainnya. Departemen Pertahanan bersama Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) terus melakukan penelitian dan pengembangan rincian rudal itu. Rincian Roket RX 420 ini sebagai berikut;
Tim Riset & Pengembang : Departemen Pertahanan dan LAPAN
Jenis Roket : ground to ground or air to ground
Jangkauan : 389 kilometer
Panjang total : 9,5 meter
Berat : 500 kilogram
Hulu ledak : Kaliber 70-122 milimeter
Ide Pembuatan : Tahun 2005
Anggaran : Rp 2,5 miliar
Bahan Bakar : Hydroxy terminated poly butadiene dan ammonium perchlorate.
Tipe : Balistik
Konfigurasi : Empat tingkat (tiga RX–420, satu RX- 320, dan sepasang booster)

Selain itu, LAPAN sejauh ini telah mampu membuat roket dengan tingkat keunggulan yang bisa disimak dari diameter dan jarak jelajah. Pertama adalah roket berdiameter 70 mm (biasa disebut RX-70) berjarak jangkau 7,9 km.

Selanjutnya, roket 80 mm (RX-80) berjarak jangkau 8 km; 100 mm (RX-100) berjarak jangkau 5 km; 150 mm (RX-150) berjarak jangkau 15,5 km; serta 250 mm (RX-250) berjarak jangkau 27,9 km.

Selama ini jenis roket yang diluncurkan terdiri ada 2 macam, yaitu RX-150 dan RX-250. Spesifikasi dari RX-150, yaitu panjang 314 cm, garis tengah 150 mm, berat 95,5 kg (tanpa payload), jenis propelan HTPB, konfigurasi propelan star dan elevasi peluncuran 80 derajat.
Sedang spesifikasi RX-250, yaitu panjang 472,5 cm, garis tengah 250 mm, berat 351,4 kg (tanpa payload), jenis propelan HTPB, konfigurasi propelan KG dan evalasi peluncuran 80 derajat.

http://1.bp.blogspot.com/_iZEqitBDdOE/Slyqp9ALSrI/AAAAAAAAAgU/lVf_J2LXmi8/s320/roket2.jpg
Kepala LAPAN Adi Sadewo Salatun mengatakan jangkauan 12 roket itu 50 kilometer, sementara roket yang baru saja jenis RX-420 diluncurkan sejauh 100 kilometer.
Dari 12 roket yang diluncurkan tahun 2007 lalu, di antaranya untuk keperluan militer yakni roket tipe RX-70 FFAR yang berdaya jangkau 50-7,5 km. Artinya, jika ditembakan dari Batam, roket-roket itu bisa menjangkau Singapura.

Mungkin hal ini yang menyebabkan ketika Indonesia untuk yang kedua kalinya berhasil meluncurkan roket rakitan buatan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) di Garut (2/7), berita tentang peluncuran roket itu sepi dari media massa nasional, tetapi ramai diberitakan media negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.

Bisa jadi jika dibandingkan dengan negara lain yang sudah lebih dahulu mengembangkan roket sejenis, roket Indonesia belum ada ‘apa-apanya’. Namun dengan penguasaan teknologi tersebut yang sudah dibuktikan dengan peluncuran di Garut, kemajuan roket di Indonesia hanya tinggal menunggu waktu saja. Mungkin nanti jangkauannya tidak hanya sampai ke Singapura saja, melainkan dapat melampauinya.


Sumber: wisben bae.com


Akhirnya Dunia Menyadari 'Malaysia Cheat Laser' dari Twitter

Kiper Timnas Markus Horison diincar laser Malaysia

JAKARTA - Sikap curang suporter Malaysia dalam memberikan dukungan timnasnya saat bertanding dengan timnas Indonesia telah disadari oleh seluruh dunia. Terima kasih kepada Twitter.

Kantor berita Associated Press (AP) merupakan media pertama yang menyebarkan berita mengenai kemarahan suporter virtual tim nasional Indonesia melalui mikroblogging Twitter. Dikatakan AP, seperti dikutip okezone, Senin (27/12/2010), "suporter Indonesia telah membanjiri Twitter dengan tuduhan perilaku curang yang dilakukan suporter Malaysia demi memenangkan tim kebanggaan negara mereka, dengan menyorotkan cahaya laser".

Ditambahkan AP, dalam waktu kurang dari satu jam, topik 'Malaysiacheatlaser' berhasil menduduki posisi pertama dalam daftar 10 trending topics. Bahkan empat dari 10 daftar tersebut diisi oleh kata dari Indonesia. Selain 'malaysiacheatlaser', 'use laser', 'curang', dan 'support Garuda' menduduki daftar 10 besar trending topics kala itu.

Setelah AP melontarkan berita tersebut di dunia maya, sontak hampir seluruh media lain mempublikasikan berita serupa. Termasuk diantaranya Fox News, USA Today, Philippine Star, Daily Telegraph, American Chronicle, Metro Canada, Today Online, Straits Times dan lainnya.

Para pendukung timnas Indonesia memang cukup geram dengan adanya aksi curang tersebut. Tidak hanya para pendukung yang menonton langsung di Bukit Jalil Stadium, tapi juga para penonton televisi di rumah. Bahkan pemain timnas, khususnya kiper Markus Horison, sempat melayangkan protes atas aksi penyorotan laser bercahaya hijau, yang jelas-jelas mengganggu konsentrasi pemain. Sinar tersebut cukup jelas terekam di televisi.

Menurut AP, meski banyak juga pendukung timnas Malaysia yang membantah adanya penggunaan laser di lapangan namun bantahan tersebut tidak sampai masuk menjadi trending topics di Twitter. Bagaimana bisa jika penduduk dan pengguna internet di Indonesia, khususnya pengguna Twitter, pun diprediksi lebih banyak ketimbang pengguna Twitter asal Malaysia. Dari segi populasi, Malaysia memiliki sekira 28 juta penduduk sedangkan Indonesia hampir 10 kali lipat, tepatnya mencapai 240 juta, penduduk di Malaysia.

Pertandingan finasl leg pertama yang berlangsung di Malaysia akhirnya di menangkan tuan rumah dengan hasil 3-0. Untuk leg kedua akan ditandingkan di Gelora Bung Karno pada 29 Desember nanti. (srn)


Venezuela 'Pantau' Internet Warganya

Hugo Chavez

CARACAS - Presiden Venezuela Hugo Chavez telah memutuskan bahwa cara untuk mengendalikan negaranya adalah dengan menyensor internet.

Di bawah undang-undang baru yang telah lolos dari parlemen, konten internet apapun yang mengekspos gejolak sosial, menantang pihak berwenang, atau kejahatan lainnya terhadap pemerintah akan diblokir. Demikian seperti yang dikutip dari TechEYE, Selasa (28/12/2010).

Menurut AFP, partai Chavez yang berkuasa menekan hukum dalam kurun waktu kurang dari sepekan dan memperluas peraturan pelarangannya pada tahun 2004 mengenai konten di radio, televisi dan media cetak.

Undang-undang baru ini nantinya akan mewajibkan para pengelola website 'bertanggung jawab pada informasi dan konten' yang mereka siarkan.

Undang-undang ini dimaksudkan memang untuk menekan media-media yang selalu bermasalah dengan pihak pemerintah.

Pekan lalu, setelah 12 tahun berkuasa, parlemen Venezuela memberi titah kekuasaan tambahan selama 18 bulan kepada Chavez, yang semakin memperkuat sistem kediktatoran negara Amerika Selatan penghasil minyak terbesar tersebut.
(srn)


Arkeolog Rusia Temukan Kota Kuno di Yaman

Pulau Socotra

SOCOTRA - Setelah empat tahun melakukan penggalian arkeologikal, sebuah tim telah menemukan sebuah kota kuno di Pulau Socotra, Yaman.

Dilaporkan bahwa tim ilmuwan tersebut telah menemukan sebuah kota kuno bernama 'Khajlah' yang berlokasi di dekat kota Hidibu, kota utama di pulau tersebut. Demikian seperti yang dikutip dari newKerala, Senin (27/12/2010).

Menurut tim tersebut, kota kuno Khajlah diperkirakan berdiri pada abad ke dua sebelum masehi.

Tim tersebut mengatakan bahwa penemuan dari rumah-rumah kuno, jalanan, gang, dan lain-lain, menandakan bahwa kota tersebut dulunya adalah kota administratif, relijius, dan berbudaya di pulau Socotra.

Pulau Socotra adalah sebuah gugusan empat pulau di Laut India. Pulau terbesar juga disebut Socotra, memiliki luas tanah 95 persen dari keseluruhan kepulauan tersebut.

Pulau tersebut sangat terisolasi. Tiga dari jenis tumbuhan di pulau tersebut tidak ada di manapun. Tempat tersebut juga banyak disebut sebagai tempat paling asing di Bumi.

Survei bidang tetumbuhan yang dilakukan oleh Centre for Middlle Eastern Plants, yang merupakan bagian Royal Botanic Garden Edinburgh, mengindikasikan bahwa 307 dari 825 (atau sekira 37 persen) spesies tumbuhan di pulau Socotra itu langka.

Salah satu tumbuhan langka yang ada di pulau Socotra adalah pohon Darah Naga (Dracaena Cinnabari), yang mana berbentuk payung. Getah berwarna merah adalah alasan mengapa tumbuhan ini disebut sebagai darah naga. Getah dari pohon tersebut juga digunakan sebagai obat.
(srn)


SUMBER: OKEZONE.COM


Inilah Layanan Terbaru Google yang Mampu Lacak Situs yang Dibajak


CALIFORNIA - Google telah meluncurkan sebuah layanan baru yang bisa memberitahu pengguna dalam hasil pencarian jika situs yang akan mereka kunjungi telah dibajak (hack).

Kemampuan ini, yang menampilkan peringatan bertuliskan 'This site may be compromised' cukup berbeda dari sistem deteksi malware Google yang sudah ada. Sebelumnya sistem deteksi Google hanya memberikan peringatan 'This site may harm your computer', di samping hasil pencarian, jika sebuah situs dideteksi berisi malware. Demikian seperti yang dikutip dari Security Computing, Senin (27/12/2010).

Menurut pihak Google, layanan baru ini mencari untuk mengidentifikasi situs-situs yang telah dibajak oleh para hacker. Google juga mengatakan bahwa motif dari para hacker adalah mengambil informasi pribadi pengguna atau menaruh link spam pengguna yang bisa digunakan untuk meningkatkan hasil pencarian dari situs milik hacker, sebuah taktik yang dikenal sebagai 'black hat' search engine optimisation (SEO).

Maxim Weinstein, Executive Director dari StopBadware, memperingatkan bahwa meskipun fitur baru tersebut tidak membuka situs yang terbajak tapi tetap saja ada kemungkinan kegagalan akan selalu ada.

"Fitur baru tersebut mengidentifikasi mekanisme dasar yang sama mengenai bagaimana seseorang mungkin memasukkan malware ke dalam sebuah website," ujar Weinstein "Masalah mendasar keamanan internet dapat saja mengarahkan masalah satu ke masalah lainnya,"

Weinstein menambahkan bahwa layanan ini membantu para penjelajah web juga pemilik website.

Google meminta kepada para penggunanya yang apabila melihat peringatan pemberitahuan ke webmaster, untuk segera memperbaiki kerusakannya.


Jangan Lupa klik Tombol Like ya..!!

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More