INDONESIA

NEVER SAY NEVER
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA

Jangan Lupa klik Tombol Like ya..!!

Senin, 20 Juni 2011

Alat Pengukur Kecepatan Smash Bulutangkis


Quote:
Smash di bulutangkis tentu sudah agan ketahui semua, ya pukulan kencang yang dilakukan untuk menyerang mematikan lawan tanding.


Spoiler for Smash:
http://glennguan.files.wordpress.com/2007/08/g-lindan-jump.jpg
Quote:
Rekor dunia kecepatan smash di bulutangkis dipegang oleh Fu Haifeng salah seorang pemain ganda China yang berpasangan dengan Cai Yun, rekor tersebut dilakukannya di Piala Sudirman 3 Juni 2005, dengan kecepatan 332 km/jam (206 mph). Itu merupakan kecepatan tertinggi yang pernah tercatat dari olahraga yang menggunakan raket. Kecepatan 206 mph adalah lebih cepat daripada kecepatan Kereta Api Eurostar yang kecepatan maksimumnya 186.4 mph.


http://www.badmintoncentral.com/forums/attachment.php?attachmentid=5882&stc=1&d=1099848441

Spoiler for Kereta Api Eurostar 186.4 mph:
Quote:
Sedangkan rekor smash untuk pemain tunggal putra dicetak dengan kecepatan 305 km/h (189 mph) oleh Taufik Hidayat, pemain sekaligus selebritis dari Indonesia. bahkan menurut catatan kecepatan backhand smash Taufik mencapai 260 km/h pada waktu berlaga melawan Chen Hong.

http://www.auckbad.co.nz/shuttleexpress/images/taufik3.jpghttp://badmintonfinal.com/wp-content/uploads/2011/06/TaufikHidayat_th14.jpg


Spoiler for Taufik Hidayat 305 km/jam (189 mph):
Quote:
Ternyata udah update gan, Lin Dan dari China memegang rekor tertinggi dengan kecepatan smash 339 km/jam.

Spoiler for Lin Dan 339 km/jam (210 km/jam):
x


http://sandio.files.wordpress.com/2009/05/lin-dan.jpg
Quote:
Tapi apakah agan tau bagaimana metode pengukuran smash tersebut? Ternyata ada petugas khusus yang bertugas menembakkan speed gun (atau lebih populer dengan radar gun) yang biasa digunakan untuk mengukur kecepatan bola pada pertandingan baseball.
Spoiler for Speed Gun:

Spoiler for Speed Gun:

Spoiler for Speed Gun:
Quote:
Bagaimana alat ini bekerja?

The Speedgun berkerja dengan K-Band transmitter dimana sinyalnya dapat dipantulkan oleh target objek. Pantulan sinyal akan menghasilkan pergeseran efek dopler yang proporsional pada kecepatan objek. pergeseran frekuensi doppler akan dideteksi oleh receiver, dikuatkan sinyalnya, melewati filter frekuensi, kemudian dikonversi menjadi sinyal digital dengan ADC (Analog to Digital Converter) dan mengalami Digital Signal Processing (DSP) dalam sebuah chip.

Dengan menggunakan software algorithma transformasi forrier kompleks, filter chip DSP akan menepis sinyal yang error dan memiliki level rendah untuk mengidentifikasi dan menampilkan kecepatan yang diinginkan dari target. Kecepatan dalam variasi statistik, rata-ratanya kemudian ditampilkan pada display LCD.

Bagaimana akurasinya? dari data teknis radar gun bushnell akurasinya +/- 1 mph untuk pengukuran benda bergerak yang posisinya pada gsris lurus menjauhi atau mendekati radar gun. jika pengukurannya dengan sudut tertentu maka akan menghasilkan cosine efect yang membuat toleransi akurasi bertambah besar ketika sudut pengukuran semakin lebar.

Pada intinya, secara sederhana, sebuah sinyal memiliki karakteristik seperti gambar berikut

Kemudian perbandingan panjang gelombang (wavelength) sinyal pantul dan sinyal pancar, sesuai efek doppler dapat dirumuskan sbb:

dimana,

v : kecepatan yang dicari
Co : kecepatan rambat gelombang (sama dengan kecepatan cahaya 3 x 10E8 m/s)
wavelength ‘ : panjang gelombang sinyal pantul
wavelength o : panjang gelombang sinyal pancar

Ilustrasi Doppler Shift
Quote:
Mau tau harganya? Ada kok dijual di pasaran harga Rp.2.850.000,-
Ini barangnya http://outdoor-nusantara.indonetwork...eady-stock.htm



sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5837328

Artikel Terkait:


0 komentar:

Posting Komentar

KOLOM KOMENTAR TIDAK MENGGUNAKAN CAPJAY,, JADI JANGAN SUNGKAN UNTUK KOMEN. OK....

Jangan Lupa klik Tombol Like ya..!!

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More