INDONESIA

NEVER SAY NEVER
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA

Jangan Lupa klik Tombol Like ya..!!

Sabtu, 20 November 2010

CEO Dengan Gaji Tertinggi Di AS



Pimpinan Liberty Media Corp Gregory B Maffei.

Pimpinan Liberty Media Corp Gregory B Maffei dinobatkan sebagai eksekutif bergaji tertinggi tahun ini dalam survei terbaru Wall Street Journal yang dirilis akhir pekan lalu.

MAFFEI, 50, dilaporkan memperoleh total kompensasi langsung sebelum pajak senilai USD87,1 juta sepanjang 2009. Jumlah tersebut empat kali lipat dibanding pendapatannya pada 2008.

Setelah Maffei, di urutan kedua terdapat Chief Executive Officer Oracle Larry Ellison yang total kompensasinya tahun ini mencapai USD68,6 juta. Pendapatan utama Ellison berasal dari kepemilikan saham senilai USD61,9 juta.

Eksekutif lain yang masuk daftar CEO bergaji tertinggi adalah Ray Irani, pimpinan Occidental Petroleum Corp. Posisinya tergeser ke peringkat ketiga dengan jumlah gaji total sebesar USD52,2 juta.

Besarnya pendapatan Irani dianggap cukup merefleksikan kinerja Occidental dalam setahun terakhir yang dinilai membaik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Padahal pada Oktober lalu pemegang saham perusahaan minyak itu sepakat memotong kompensasi eksekutifnya maksimal tiga per empat dari gaji sebelumnya.

“Total pembayaran Irani pada 2009 merefleksikan kepemimpinannya yang luar biasa dan luar biasa juga bagi pemegang saham,” ujar Juru Bicara Occidental.

Di urutan keempat, CEO Yahoo Carol Bartz memperoleh pendapatan USD44,61 juta dan kelima CEO CBS Laslie Ray dengan kompensasi senilai USD38,93 juta. Di urutan berikutnya, CEO Viacom Inc Philippe P Dauman membukukan total pendapatannya USD33,7 juta, termasuk dari bonus tahunan dan kompensasi atas kinerja perusahaan media itu.

Pemimpin bisnis lain yang masuk daftar bergaji tertinggi adalah Marc N Casper, CEO Thermo Scientific Inc. Pria yang ditunjuk sebagai CEO Thermo pada Oktober tahun lalu itu mengantongi pendapatan USD33 juta yang sebagian besar berasal dari kepemilikan saham, saham terbatas, dan bonus kinerja.

“Lebih 90 persen dari total kompensasi langsung Casper terdiri dari penghargaan jangka panjang sejak dia ditempatkan sebagai CEO pada Oktober 2009,” ujar Juru Bicara Thermo Fisher.

Masa kerja singkat juga bukan halangan bagi CEO Boston Scientific Corp J Raymond Elliot mengumpulkan pundi-pundi pendapatannya yang mencapai USD32,1 juta. Dari jumlah tersebut USD1,5 juta di antaranya berupa bonus atas prestasi kerjanya.

Dia sendiri baru ditunjuk sebagai CEO Boston mulai Juli 2009. Eksekutif lain yang masuk deretan bergaji tertinggi di AS adalah Ralph Lauren, pendiri sekaligus perusahaan fashion Ralph Lauren Corp.

Menurut survei, pendapatan Lauren tahun ini mencapai USD27 juta yang berasal dari bonus kinerja dan kepemilikan saham yang meningkat dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya.

Terakhir, eksekutif bergaji tertinggi versi Wall Street Journal-Hay Group adalah John H Hammergren, pimpinan McKesson Corp dengan total kompensasi USD24,5 juta. Sama seperti kebanyakan CEO lainnya, kekayaan Hammergren terbanyak dari kepemilikan saham dan bonus kinerja tahunan.

Pada survei Wall Street Journal - Hay Grop yang digelar selama periode 1 Oktober 2009 hingga 30 September 2010 terhadap 456 perusahaan publik terbesar di Amerika Serikat (AS) itu, diketahui total pendapatan Chief Executive Officer (CEO) mencapai USD4 miliar.

Dalam survei itu, diketahui bonus tahunan para CEO di AS mengalami kenaikan hampir 11 persen atau rata-rata sebesar USD1,67 juta, dibandingkan survei sebelumnya yang hanya naik 3,4 persen. Sebanyak 53 persen CEO juga dilaporkan memperoleh hibah saham terbatas, naik dari 48 persen pada studi April.

Survei Wall Street Jornalmenunjukkan adanya hubungan berbanding lurus dengan tingkat pengembalian para pemegang saham. Misalnya saja pemegang saham Liberty yang memperoleh gain 247 persen pada 2009,tertinggi di antara 10 besar perusahaan yang masuk daftar CEO bergaji tertinggi. Ukuran ini termasuk keuntungan dari harga saham ditambah dividen yang diinvestasikan kembali.

Secara keseluruhan, total rata-rata kompensasi langsung untuk CEO pada sampel tersebut naik tiga persen selama tahun fiskal 2009. Sementara, para pemegang saham memperoleh keuntungan hingga 29 persen.

Total kompensasi langsung yang dijadikan ukuran pendapatan tertinggi terdiri atas gaji, bonus dan nilai saham, kepemilikan, dan insentif jangka panjang lainnya.

Sumber: okezone.com

Artikel Terkait:


0 komentar:

Posting Komentar

KOLOM KOMENTAR TIDAK MENGGUNAKAN CAPJAY,, JADI JANGAN SUNGKAN UNTUK KOMEN. OK....

Jangan Lupa klik Tombol Like ya..!!

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More