INDONESIA

NEVER SAY NEVER
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA

Jangan Lupa klik Tombol Like ya..!!

Selasa, 14 Desember 2010

Wow,, Ternyata Afrika Selatan Baru Saja Membangun Lembaga Luar Angkasa

W

JOHANNESBURG - Afrika Selatan secara resmi mengumumkan lembaga luar angkasanya yang bernama South Africa National Space Agency (SANSA) yang berpusat di Johannesburg, seperti yang diumumkan oleh Minister of Science, Naledi Pandor.

Negara ini memiliki dua satelit mikro di orbit. Agensi baru ini berharap bisa beroperasi secara penuh pada bulan April 2012. Satellite Application Centre (SAC) akan terus beroperasi di luar kota Hartebeeshoek. Demikian dikutip dari Yahoo, Selasa (14/12/2010).

Fasilitas yang ada sebelumnya sudah termasuk Houwteq Aerospace Facility. Fasilitas tersebut kini digunakan oleh Institute for Satellite and Software Applications. Proyek-proyek luar angkasa yang sebelumnya ada di Afsel adalah Southern African Large Telescope dan satelit SumbandilaSat.

Menurut website SANSA, akun Facebook dan Twitter akan terus diupdate. Akan tetapi banyak bagian di website tersebut yang masih dalam tahap 'under-construction'. Disebutkan oleh mereka bahwa SANSA akan berfokus pada enam wilayah kunci. Wilayah tersebut termasuk observasi bumi, operasi luar angkasa, pengembangan sains, sains luar angkasa, pengembangan SDM dan space engineering.

Afsel pada tahun 2011 nanti juga bakal menggelar eksibisi besar luar angkasa. International Astronautical Congress akan digelar pada 3-7 Oktober 2011 di Cape Town, yang mana merupakan pertama kali diadakan di Afsel.

Ketika peluncurannya, SANSA juga menandatangani MOU dengan China Centre for Resources Satellite Data and Application (CRESDA) dan Brazil National Institute for Space Research. Selain
itu, SANSA juga menandatangani perjanjian kerjasama antara Afrika Selatan dengan Algerian Space Agency, yang mana sudah termasuk kolaborasi teknologi dan sains luar angkasa. MOU Afsel dengan China dan Brazil menuliskan bahwa data dari dari satelit yang dikembangkan oleh kedua negara akan dibagikan ke negara-negara Afrika lainnya.
(srn)



Artikel Terkait:


0 komentar:

Posting Komentar

KOLOM KOMENTAR TIDAK MENGGUNAKAN CAPJAY,, JADI JANGAN SUNGKAN UNTUK KOMEN. OK....

Jangan Lupa klik Tombol Like ya..!!

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More