INDONESIA

NEVER SAY NEVER
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA

Jangan Lupa klik Tombol Like ya..!!

Selasa, 12 Juli 2011

4 Faktor yang Membuat Iklan Efektif

iklan efektifMenurut Anda, faktor terpenting apakah dalam membuat suatu iklan yang efektif? Mungkin ada yang menjawab bahwa copy writing adalah faktor yang sangat penting dalam suatu iklan.

Alasannya, karena orang/calon konsumen akan mengetahui apa sebenarnya maksud dari suatu iklan, menjual apa, menawarkan apa, atau iklan itu mempromosikan apa. Sayangnya banyak orang atau perusahaan yang hingga kini menghabiskan banyak uang dan waktu untuk membuat suatu iklan namun tidak mampu menghasilkan sesuatu yang positif dalam meningkatkan pemasaran produk atau jasa.

Salah satu faktornya karena belum mengetahui dengan lebih baik faktor-faktor penting apa yang harus dipertimbangkan dalam membuat suatu iklan yang efektif. Tapi, tak perlu risau lagi, dengan menggunakan urutan yang berikut ini bisa membantu kita dalam membuat suatu bentuk iklan dengan hasil yang lebih efektif.

Menurut saya, sebelum membuat suatu iklan, pertimbangkan hal-hal berikut ini. Ada empat hal yang sangat mendasar dalam membuat suatu iklan yang efektif (saya urutkan dari nomor empat):

4. Copy Writing. Suatu bentuk kesatuan berupa tulisan yang bisa menerangkan atau menjelaskan produk atau jasa yang ditawarkan.

3. Headline. Merupakan salah satu faktor penting agar iklan kita bisa menarik dan memberikan hasil yang optimal tentunya. Misalnya, saat menjual suatu seminar (seperti yang telah kita singgung sebelumnya) kita hanya menuliskan headline “Apakah Anda Ingin Mempunyai Hidup yang Lebih Sukses?” ternyata responsnya hanya lebih kurang 20 orang.

Tapi, setelah headline nya diubah menjadi “Seminar Terdahsyat Tahun 2011″ maka yang mendaftar lebih kurang menjadi 190 orang. Hanya dengan mengubah headline bisa menghasilkan respons yang sangat jauh berbeda, 1:10! Itulah sebabnya kita harus senantiasa melakukan pengujiandan monitoring agar mampu mendapatkan hasil yang kita inginkan.

2. Irresistible Sensational Offer. Maksudnya pengondisian melalui iklan tersebut, jika seseorang tidak mau membeli produk atau jasa yang kita tawarkan, secara logis mereka akan mengalami kerugian besar. Karena, return on investment yang begitu besarnya sehingga jika seseorang tidak membelinya ia akan terkesan lebih bodoh dibanding yang lainnya, “Keterlaluan jika tidak membelinya”. Kemudian, hal yang terpenting dari ke tiga hal tersebut adalah:

1. Sudah sampaikah iklan kita ke target market yang telah ditentukan? Suatu iklan yang mempunyai copy writing, headline, dan irresistible sensational offer tetapi tidak bisa sampai ke target market yang telah ditentukan maka sia-sialah iklan tersebut. Setelah Anda mengetahui apa saja yang terpenting dalam membuat suatu iklan yang efektif, yang juga penting dilakukan kemudian adalah PRAKTIK.

Sekali lagi, praktikkan apa yang sudah saya berikan selama ini. Berbagai ide dan inspirasi pemasaran yang telah teruji untuk meningkatkan pemasaran akan terus saya berikan dalam artikel-artikel saya selanjutnya.



Sumber : okezone.com



Artikel Terkait:


0 komentar:

Posting Komentar

KOLOM KOMENTAR TIDAK MENGGUNAKAN CAPJAY,, JADI JANGAN SUNGKAN UNTUK KOMEN. OK....

Jangan Lupa klik Tombol Like ya..!!

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More