INDONESIA

NEVER SAY NEVER
TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA

Jangan Lupa klik Tombol Like ya..!!

Kamis, 04 Agustus 2011

Puasa Bersihkan Racun Tubuh

puasa
Puasa membuat tubuh tak mendapat asupan makanan kurang lebih 14 jam. Selama itu, sistem pencernaan akan beristirahat dan memberi kesempatan tubuh untuk membuang racun yang menumpuk.

Ahli gizi dr Samuel Oetoro MS, mengatakan bahwa puasa justru memiliki manfaat bagi tubuh. Puasa berfungsi sebagai detoksifikasi untuk mengeluarkan racun melalui aliran darah, pori dan organ pembuangan lain. "Ketika organ pencernaan beristirahat, tubuh akan melakukan detoksifikasi," ujarnya.


AJ Carlson, Profesor Fisiologi di Universitas Chicago, menambahkan, saat puasa, lemak tubuh yang tidak bermanfaat, racun yang terakumulasi dalam sel tubuh akan dikeluarkan. Sel yang sakit, sel-sel mati, lapisan lendir menebal di dinding usus, limbah aliran darah juga dikeluarkan lewat hati, limpa, dan ginjal.


Usahakan mengkonsumsi karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, oatmeal, roti gandum, ubi, jagung, atau singkong. Karbohidrat kompleks lebih lambat dipecah menjadi gula darah sehingga sangat membantu metabolisme energi tubuh. Jangan lupakan juga sayur dan buah untuk memaksimalkan proses detoksifikasi.


Sementara saat berbuka, jangan langsung menyantap makanan manis, karena tidak sehat. Yang sebaiknya pertama kali disantap adalah jus buah tanpa gula (sari buah, bukan buah yang dihaluskan). Ini agar gula darah segera naik, tanpa merangsang hormon insulin.


Dengan pilihan makanan yang tepat saat sahur dan buka, sel-sel tubuh tak akan kekurangan energi selama 14 jam puasa. Metabolisme tubuh pun tak akan terganggu.


source


Artikel Terkait:


0 komentar:

Poskan Komentar

KOLOM KOMENTAR TIDAK MENGGUNAKAN CAPJAY,, JADI JANGAN SUNGKAN UNTUK KOMEN. OK....

Jangan Lupa klik Tombol Like ya..!!

Twitter Delicious Facebook Digg Favorites More